EnglishFilipinoFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Juli 18, 2012

Cantiknya Pantai Papuma


Alam Pantai Papuma Jember


Jember adalah salah satu kota ketiga diJawa Timur setelah Surabaya dan malang. Sebagai kota ketiga terbesar di jawa timur, Jember memyiapkan berbagai fasilitas agar dapat menunjang dalam pembangunan dan percepatan perekonomian. Jember merupakan kota tembakau yang sudah dikenalk sejak lama ssealin itu jemeber juga dikenal sebagai daerah wisata hal ini disebabkan Jember kaya akan obyek wisata mulai pegunungan sampai pantai yang terkenal keindahannya. untuk itu Jember menyediakan berbagai fasilitas penginapan dari kelas biasa samapai kelas internasional yang banyak tersebar di kota Jember, dengan harapan para pengunjung baik dari daerah sekitar atupun luar negeri dapat dengan mudah untuk beristirahat dan menuikmati keindahan Jember. yang tidak kalah pentingnya adanya beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta salah satunya UNEJ (universitas negeri jember) dan yang lainya.
Kabupaten Jember, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Jember. Kabupaten ini berbatasan denganKabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudera Hindia di selatan, sertaKabupatenLumajang di barat. Kabupaten Jember terdiri atas 31 kecamatan.
Kota Jember dahulu merupakan kota administratif, namun sejak tahun 2001 istilah kota administratif dihapus, sehingga Kota Administratif Jember kembali menjadi bagian dari Kabupaten Jember. Jember merupakan pusat regional di kawasan timur tapal kuda, di kota ini terdapat perguruan tinggi negeri Universitas Jember. Hari Jadi Kabupaten Jember diperingati pada tanggal 01 Januari setiap tahunnya.

Jember memiliki luas 3.293,34 Km2 dengan ketinggian antara 0 – 3.330 mdpl. Iklim Kabupaten Jember adalah tropis dengan kisaran suhu antara 23oC – 32oC. Bagian selatan wilayah Kabupaten Jember adalah dataran rendah dengan titik terluarnya adalah Pulau Barong. Pada kawasan ini terdapat Taman Nasional Meru Betiri yang berbatasan dengan wilayah administratif Kabupaten Banyuwangi. Bagian barat laut (berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo adalah pegunungan, bagian dari pegunungan Iyang, dengan puncaknya Gunung Argopuro (3.088 m). Bagian timur merupakan bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Ijen. Jember memiliki beberapa sungai antara lain Sungai Bedadung yang bersumber dari Pegunungan Iyang di bagian tengah, Sungai Mayang yang persumber dari Pegunungan Raung di bagian timur, dan Sungai Bondoyudo yang bersumber dari Pegunungan Semeru di bagian barat.

* Stasiun Jember merupakan stasiun terbesar di Kabupaten ini, dan merupakan pusat dari Daops IX Jember yang mengatur stasiun dari Pasuruan hingga Banyuwangi. Di samping stasiun-stasiun kecil lainnya di Tanggul, Rambipuji, dan Kalisat. Jember dilintasi jalur kereta api, yang menghubungkan Jember dengan kota-kota lain di Pulau Jawa, yaitu Purwokerto, Yogyakarta, Jombang, SurabayaProbolinggoLumajang, danBanyuwangi. Di Jember juga terdapat stasiun-stasiun kecil seperti Bangsalsari, Mangli, Arjasa, Kotok, Ledokombo, Sempolan, Garahan. Stasiun ini hanya digunakan ketika terjadi persilangan kereta api dan hanya digunakan oleh kereta api ekonomi seperti Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi) dan kereta Pandanwangi (Jember –Banyuwangi). Jalur kereta api Kalisat-Situbondo kini tidak lagi beroperasi.

Terminal Bus “TAWANG ALUN” merupakan terminal utama yang melayani jalur Surabaya – Jember – Banyuwangi (lewat Tanggul), Surabaya – Jember - Banyuwangi (lewat Kencong – Balung dan atau Ambulu) yang juga melewati kotaLumajang. Terminal ini juga melayani jalur Bus Patas (cepat terbatas) Jember - Surabaya, Jember - Malang, serta Jember - Denpasar. Untuk jalur Jember - Bondowoso Situbondo dilayani oleh Terminal Bus “ARJASA” yang terletak di Kecamatan Arjasa. Selain itu terdapat pula terminal-terminal kecil yang dihubungkan oleh angkutan antar dalam kota (Lyn) seperti Terminal Ajung, Terminal Pakusari, dan Terminal Tanggul). Bus Kota dapat ditemui di Kota Jember yang menghubungkan Terminal Tawang Alun – Terminal Arjasa (Kode Trayek “A” dan “B”) dan Terminal Tawang Alun – Terminal Pakusari (Kode Trayek “D” dan “E”). Jasa taksi dengan Argometer juga banyak ditemui di Kota ini.
* Bandara Notohadinegoro merupakan bandara lokal yang sudah dibuka untuk umum. Bandara ini melayani penerbangan Jember - Surabaya P.P.

"Keindahan Tidak Akan Pernah Habis Kalau Kita Bersama-sama Menjaganya" By @BlakraxTrip